Maknai Hari Lahir Pancasila, Posko Covid-19 Kecamatan Komodo Berbagi Sembako

indonesiasatu, 02 Jun 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

LABUAN BAJO- Memaknai momentum bersejarah Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020 ini, Posko Masyarakat Peduli Covid-19 Kecamatan Komodo Manggaarai Barat (Mabar) di Nusa Tenggara Timur, tetap

menggelar kegiatan peduli kasih dan gerakan kemanusiaan. Caranya, dengan membagi Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada 51 orang warga kurang mampu di Desa Gorontalo.

Kordinator umum distribusi Florianus Surion Adu atau biasa disapa Feri Adu kepada Indonesiasatu.co.id, Senin (01/06/2020) sore menjelaskan, kegiatan dimaksud berupa pembagian lima kilogram beras, dalam satu paket lainnya; sabun mandi, gula,,susu ,indomie, teh celup dan telur kepada 27 orang warga RT 12 dusun Gorontalo. Kegiatan tersebut berlanjut di dusun pertamina RT 08 dengan sasaran bantuan ditujukan kepada 24 orang warga kurang mampu.

"Kegiatan posko masyarakat peduli Covid-19 hari ini lebih kepada bentuk kepedulian langsung dari yang mampu kepada yang kurang mampu di lingkungan masyarakat sesuai amanat pancasila",kata Florianus Surion.

Feri Adu menyebutkan, sebagaimana kita ketahui bersama, sila kedua Pancasila berbunyi  "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab". Lantas apakah yang dimaksud dengan Kemanusiaan Yang Adil menurut sila ini. Demikian lanjut Feri, menurut hemat saya selaku pemerhati sosial masyarakat, yang dimaksud dengan Kemanusiaan Yang Adil adalah rasa Kemanusiaan yang bisa mendapatkan keadilan secara proposional. 

"Dalam sila kedua ini, masyarakat diminta untuk memberikan perlakuan yang adil terhdap sesama manusia, terhadap diri sendiri, alam sekitar dan terhadap Tuhan", tandasnya.

Manusia sebagai makhluk beradab atau berbudaya yang memiliki daya cipta, rasa, karsa dan keyakinan. Di kehidupan masyarakat, penerapan sila ini dapat dilakukan dengan cara bersikap adil kepada seluruh masyarakat dan tidak membeda -- bedakan, sebagai manusia yang memiliki rasa, harus bisa menghargai satu sama lain.

Dalam konteks itulah, kata Dia, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi, bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Saat bantuan sembako disalurkan, Florianus Surion Adu, ditemani sejumlah rekan relawan seperti Yani Rewos, Marilena Wawan Loso, dan beberapa rekan relawan masyarakat peduli Covid-19 lainnya. (Louis Mindjo)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu